Menu

+1 888 957 9521

Info@root66raceseries.com

46 Main Rd Westhampton

Massachusetts, USA

Monday - Friday 09:00 - 17:00

Sat: 10:00 - 12:00 Sunday Closed

tikungan balap sepeda
0 Comments

Vuelta a Ezpana, Spanyol

Lagi-lagi kita bahas tentang ajang balap sepeda yang sangat hebat. Kali ini event yang diadakan oleh Negara Spanyol. Anda tentu sudah tahu, bahwa balap sepeda telah menjadi olahraga paling favorite di dunia. walaupun olahraga yang satu ini tidak setenar olahraga sepak bola dan olahraga lainnya, namun olahraga ini mampu dilaksanakan di Negara Negara tertentu dengan taraf nasional maupun internasional.untuk sejarah balap sepeda, sebenarnya sudah dikenal sejak lama.

Yaitu seperti yang kita tahu bahwa sejarah balap sepeda pertama kali pada tanggal 31 mei 1868. Dan seseorang telah berhasil memenangkan balap sepeda di Saint Cloud, Paris. Anda tentu sudah tahu bahwa yang pertama kali menjuarai lomba balap sepeda yaitu bernama James Moore dengan mengendarai sepeda kayunya dan juga menggunakan ban besi.

Lalu sekarang, sepeda tersebut disimpan dan dipajang di Museum Ely, Cambridgeshire, Inggris. Assosiasi atau organisasi sepeda dunia dikenal dengan nama Unio Cycliste Internationale atau yang biasa disingkat dengan UCI. Organisasi ini didirikan pada tanggal 14 April 1900 oleh beberapa Negara. Yaitu Amerika, Belgia, Italia, Perancis, dan Swiss.

kerja sama balapUntuk balap sepeda ini ada kompetisi secara tim da nada juga kompetisi secara individu. Untuk kriteria lomba juga ada bermacam macam sekali, ada lomba jalan satu hari, lomba berkriteria, dan lomba dengan uji coba waktu. Dan lomba biasanya diadakan di musim semi hinga musim gugur. Yang pasti tidak diadakan pada saat musim hujan atau musim salju.

Ada banyak sekali ajang balap sepeda yang sangat terkenal di dunia ini, semua lomba balap sepeda ini juga bermacam macam dan sangatlah menarik untuk diikuti maupun hanya di tonton. Salah satu lomba balap sepeda yang menarik juga terkenal yaitu lomba balap sepeda pada ajang balap sepeda Vuelta a Ezpana, yang diselenggarakan oleh Negara Spanyol.

Ajang Vuelta a Ezpana diadakan pada tahun 1935, dan lomba ini juga pernah vakum karena adanya perang dunia, namun akhirnya kembali diadakan setiap tahunnya sejak tahun 1955. Dan untuk rute yang digunakan pada lomba ini yaitu mulai dari Andalusi dan finishnya berada di Kota Madrid. Rute rute yang dilalui sepanjang jalur balap sepeda sangatlah berat sekali. Mulai dari jalanan yang landau hingga melewati 10 puncak gunung yang dikenal sangat tinggi juga kecuramannya. Vuelta a Ezpana ini juga sama seperti Giro D’Italia dan juga Tour de France. Yaitu lomba balap sepeda jarak jauh oleh pesepeda professional yang diadakan selama tiga minggu, dan biasanya diadakan pada bulan Agustus akhir atau terkadang juga diadakan pada awal bulan September yang diadakan di sekitar Spanyol.

Namun dibanding dengan Giro D’Italia atau Tour de France, lomba ini memanghampir sama atau lebih sedikit peminatnya. Namun meskipun begitu, setiap peserta yang mengikuti ajang balap sepeda yang satu ini juga tidak sembarangan. Hanya orang orang professional saja dalam bidangnya yang bisa mengikuti ajang balap sepeda ini. Tempat tempat atau jalur yang digunakan dalam lomba ini juga tidak kalah berbahaya dari Giro D’Italia. Lomba ini juga terinspirasi dari kesuksesan ajang balap sepeda di Perancis. Yaitu Tour de France. Sejak awal adanya, sampai saat ini lomba ini juga masih terus berkiprah dan semakin berkreasi memunculkan juara juara dan atlet hebat hebat yang baru dan lebih muda lagi.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: