Menu

+1 888 957 9521

Info@root66raceseries.com

46 Main Rd Westhampton

Massachusetts, USA

Monday - Friday 09:00 - 17:00

Sat: 10:00 - 12:00 Sunday Closed

tour de singkarak
0 Comments

Tour De Singkarak

Tour De Singkarak – Olahraga bersepeda merupakan olahraga yang sekarang ini makin populer, olahraga ini merupakan kegiatan fisik kompetitif menggunakan sepeda. Ada banyak sekali kategori balap sepeda, diantaranya adalah time trial, sepeda jalan, BMX, speedway siklus, balap sepeda gudung, BMX gaya bebas dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk organisasi sepeda didunia ini dikenal dengan nama UCI, memiliki kepanjangan dari The Union Cycliste Internasionale. Untuk seraha sebenarnya olahraga ini sudah ada sejak lama, tepatnya pada tahun 1868. Ditahun 1868 ini sudah diadakan lomba bersepeda di Perc De Sait-Cloud, Paris.

jalan di tour de singkarak

Jalan di tour de singkarak

Pada tahun tersebut pertandingan balap dimenangkan oleh James Moore. Dan untuk organisasi UCI sudah sangat lama, tepatnya berdiri pada tanggal 14 April 1900. Dalam pertandingan sepeda balap tersebut biasanya melibatkan kompetisi tim dan infividu.

Dan diluar Indonesia biasanya balap sepeda dilakukan dimusim semi hingga musim gugur. Salah satu event belum lama yang sudah diselenggarakan adalah Tour de Indonesia. balap sepeda ini dilangsungkan mulai tanggal 25 hingga 28 Januari 2018. Namun sebelumnya ternyata Tour sepeda ini pernah dilakukan di Singapura, tepatnya di Singkarak.

Baca juga 5 Event Balap Sepeda Terkenal.

Untuk lomba Tour De SingkarakĀ  pertama kali di adakan pada tahun 2009. Dan untuk lomba ini dikenal sebagai lomba dengan kategori 2.2. Untuk jarak lomba 900 km dimulai dari Padang yang mana sebagai daerah yang mengelilingi danau Singkarak, dan berjalan hingga kota pedalaman Sumatera Barat. Untuk tour de Singkarak ini sudah terjadi sejak tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014 dan akhirnya di tahun 2017. Untuk pemenang pada Tour De Singkarak antara lain :

  • Pada tahun 2009 pemenang dari Tour De Singkarak adalah Hgader Mizbani dan dari tim Petrokimia Tabriz.
  • Pada tahun 2010 pemenangnya adalah Ghader Mizbani dari tim Petrokimia Tabriz yang sama pada tahun sebelumnya
  • Pada tahun 2011 juaranya adalah Amir Zargari dari tim Universitas Azad Iran
  • Pada tahun 2012 pemenangnya adalah Oscar Pujol dari tim ESP Tim Cross Universitas Azad
  • Pada tahun 2013 pemenangnya adalah Ghader Mizbani lagi dari tim Petrokimia Tabriz
  • Pada tahun 2014 dimenangkan oleh Amir Zargari dari tim IRI Pishgaman Yazd
  • Ditahun 2015 pemenangnya adalah Arvin Moezami dari tim Pishgaman-Giant
  • Dan ditahun 2016 dimenangkan oleh Amir Kolahdozhagh IRI dari tim Pishgaman-Giant.
  • Dan akhirnya ditahun 2017 Tour De Singkarak juara diperoleh oleh Khalil Korshid dari tim Tabriz Shahrdary.

Ada beberapa insiden yang sering terjadi di balap sepeda, seperti halnya yang terjadi di Tour De Singkarak pada tahun 2017 tersebut, pada etape pertama tanggal 18 November 2017 pembalap asal Vietnam, yaitu Bui Minh Tuy terjatuh die tape pertama, dan secara terpaksa harus dibawa oleh rumah sakit.

Untuk juara umum memang belum dapat diperoleh oleh tim bola tangkas Indonesia, namun pada perlombaan kali ini Indonesia, yaitu Muhamad Imam Arifin mampu neik podium, ia menjadi pembalap tercepat pada etape pertama.

Pada etape ketujuh dimulai sejak lembah harau kabupetan Limapuluh kota menuju kota Padang Panjang, menempuh dengan jarak 112 km . dan waktu yang mampu diperoleh dari tim Indonesia adalah 2 jam 56 menit 34 detik.

Dengan perolehan tersebutĀ  maka bisa dijadikan sebagai patokan untuk mendapatkan juara dan kemenangan yang lebih besar. Untuk kedepannya maka pembalap Indonesia akan lebih mendapatkan juara yang lebih besar lagi.

Tags:

1 thought on “Tour De Singkarak”

  1. Rosa says:

    Tour de Singkarak merupakan salah satu kebanggaan karena bisa menjadi tempat diadakan lomba ajang bergengsi internasional. Semangat terus dalam mendapatkan kepuasan dalam bersepeda.Tunjukkan Semangat dan Kebersamaan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: