Menu

+1 888 957 9521

Info@root66raceseries.com

46 Main Rd Westhampton

Massachusetts, USA

Monday - Friday 09:00 - 17:00

Sat: 10:00 - 12:00 Sunday Closed

tour de indonesia
0 Comments

Tour De Indonesia 2018, Banyuwangi Jadi Lokasi Finish Etape Ketiga Balap Sepeda

Bersepeda adalah kegiatan yang bisa dibilang cukup bermanfaat. Bagi kesehatan tubuh dan juga otot. Bersepeda juga salah satu kegiatan yang paling digemari oleh para pecinta olahraga. Dari kalangan anak muda sangat banyak sekali yang antusias dan berlomba-lomba untuk melakukan olahraga ini. Bahkan ada juga yang berkreativitas dengan cara beratraksi sepeda. Dari kalangan orang dewasa juga sangat banyak sekali.

Bahkan sering juga kita jumpai komunitas sepeda orang orang dewasa. Tidak hanya itu, orang yang sudah agak tua atau lanjut usia pun tidak mau kalah. Mereka juga mempunyai komunitas bersepeda. Cara dan gaya mereka saat bersepeda pun tidak kalah hebatĀ  dari anak anak muda. Mereka juga mengayuh sepeda dengan begitu cepat, seakan-akan masih berusia tujuh belas tahunan. Karena memang bersepeda dapat sangat bermanfaat untuk menyehatkan badan juga otot.

Karena banyaknya orang yang memiliki hobi bersepeda, banyak sekali event event yang mengadakan lomba balap sepeda. Salah satu event yang ada yaitu Tour De Indonesia, yang dilaksanakan di tahun ini. Tahun 2018. Lomba yang dimulai atau start di Yogyakarta ini, memiliki empat etape. Dimana etape ketiganya berlokasi di Kabupaten Banyuwangi.

Kabupaten Banyuwangi menjadi lokasi finish etape ketiga dari keempat etape perlombaan sepeda Tour De Indonesia 2018 yang berlangsung dari tanggal 25 januari sampai 28 januari 2018. Mengapa Kabupaten Banyuwangi dipilih menjadi tempat finish etape ketiga? Dipilihnya Kabupaten Banyuwangi sebagai lokasi finish event sport tourism nasional ini juga tidak lepas dari kiprahnya yang sukses menggelar ajang balap sepeda internasional.

tour de banyuwangiYaitu Tour De Banyuwangi Ijen, yang diadakannya selama enam tahun berturut-turut sejak tahun 2012. Namun Tour De Indonesia ini diadakan oleh PB ISSI (Pengurus Besar Persatuan Sport Sepeda Indonesia). Balapan ini terdiri dari empat etape, mulai dari Yogyakarta sampai Bali dengan jarak total yaitu 650 KM. Event ini diikuti oleh 15 tim dari berbagai Negara yaitu Indonesia, Thainland, Malaysia, Australia, Jepang, Filipina, Laos, dan Afrika. Lomba ini termasuk lomba yang sangat bergengsi, dan Banyuwangi mendapat salah satu kehormatan itu.

Bagaimana tidak, Tour De Indonesia ini diselenggarakan secara multi etape dan hanya bisa diikuti oleh tim kontinentral dan tim nasional. Di etape ketiga, pembalap akan menempuh jarak 200 KM yaitu dari Probolinggo sampai ke Banyuwangi. Ini adalah jarak terpanjang dibanding etape etape lainnya. Di Banyuwangi, peserta TDI akan masuk melalui Bukit Gumitir menuju Kalibaru, Glenmore, Genteng, Srono, Singojuruh, Rogojampi, Kabat dan Fish di Taman Blambangan. Pembalap sudah dipastikan tidak akan mengalami kendala karena jalan tersebut adalah jalan utama banyuwangi.

Setelah mencapai garis finish di Taman Blambangan Banyuwangi, panitia TDI akan menggelar prosesi Awarding bagi para pemenang etape. Dan pada etape keempat baru akan diumumkan siapa juara 1, juara 2, dan juara 3. Lomba atau event balap sepeda kali ini sangatlah luar biasa. Bagaimana tidak, bahkan tidak sedikit pembalap luar negeri yang berpartisipasi dalam ajang ini. Namun sebenarnya tanpa peserta atau tanpa kehadiran tim dunia pun lomba ini tetap akan berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Namun ternyata banyak sekali tim-tim sepeda dunia hadir dan turut serta berpartisipasi dalam ajang Tour De Indonesia di tahun ini. Dari event ini tentu pada tahun-tahun berikutnya, event ini akan selalu bisa terlaksana dan Indonesia akan menyuguhkan event yang jauh lebih baik.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: