Menu

+1 888 957 9521

Info@root66raceseries.com

46 Main Rd Westhampton

Massachusetts, USA

Monday - Friday 09:00 - 17:00

Sat: 10:00 - 12:00 Sunday Closed

high five
0 Comments

Tour de France, Perancis

Menurut catatan federasi balap sepeda dunia, UCI. Lomba balap sepeda jalan raya dimulai pada akhir abad ke 19, tepatnya pada tahun 1868, dan terus mengalami perkembangan sampai saat ini. Berbagai kegiatan, kelompok dan event balap sepeda semakin marak adanya.

Sejarah mencatat bahwa pertama kali diadakannya lomba balap sepeda yaitu di Kota Paris pada tanggal 31 Mei 1868 dan berhasil di juarai oleh atlet Inggris, yang bernama James Moore. Perancis memang menjadi pusat perkembangan balap sepeda jalan raya. Pada tanggal 7 november 1869, diberitakan di sebuah majalah sepeda di Paris. Dalam majalah tersebut diberitakan bahwa paris menggelar lomba Paris – Rouen yang berjarak 123 kilometer. James Moore kembali keluar sebagai juara pada lomba tersebut.

James Moore sangat dikenal karena memang ia hampir mendapatkan juara secara berturut turut dalam ajang balap sepeda. Dan setelah itu banyak sekali kejuaraan kejuaraan dan ajang balap sepeda yang kembali diadakan. Yang lebih hebat lagi, tidak sedikit yang berpartisipasi. Bahkan club club sepeda pun sudah mulai banyak dibentuk. Kejuaraan dunia balap sepeda jalan raya pertama kali diadakan pada tahun 1893 dan tiga tahun berikutnya balap sepeda jalan raya dilombakan dalam olimpiade modern pertama di Athen pada tahun 1896 hingga saat ini. Balap sepeda pun saat ini sudah sangat berkembang. Bahkan dimulai dari sepeda, kostum, keamanan, juga peraturannya pun sudah semakin modern.

Salah satu kemodernan dari ajang balap sepeda adalah ajang yang satu ini. Tour de France yang diadakan di Perancis ini sangatlah menyita perhatian. Tour de France adalah kejuaraan balap sepeda paling bergengsi di dunia. bagaimana tidak, kejuaraan ini merupakan balapan jalanan jarak jauh untuk pembalap sepeda professional yang diadakan sepanjang tiga minggu pada bulan Juli di Perancis. Ajang yang satu ini juga sangat berani mengambil medan yang tinggi, curam dan berbahaya.

Oleh karena itu, tidak sembarang orang bisa mengikuti ajang balap sepeda Tour de France ini. Hanyalah mereka yang sudah professional yang boleh mengikuti lomba ini. Juga tidak asal memilih peserta saja, ada seleksi yang harus diikuti oleh para pembalap yang ingin mengikuti ajang ini. Ajang balap sepeda yang satu ini juga sangat menginspirasi banyak ajang-ajang lainnya. Seperti Giro D’Italia dan masih banyak lagi. Karena bisa dikatakan bahwa ini adalah ajang balap sepeda yang pertama yang sangat hebat dan berani mengambil resiko dengan tempatnya yang sangat curam. Maka dari itu tidak heran jika banyak sekali yang ingin mencoba untuk membuat event sehebat ini.

Ajang balap sepeda ini juga merupakan ajang balap sepeda yang sangat popular, ada banyak pembalap yang berasal dari belahan dunia mana saja yang datang ketempat ini dan berlomba lomba untuk bisa mengikuti ajang ini. Namun banyak sekali yang terpilih dan kecewa karena tidak bisa ikut serta mengikuti ajang yang sangat bergengsi ini. Tidak hanya berlomba dan berebut agar bisa mengikuti ajang ini saja. Para pembalap sepeda professional yang sudah berhsil terpilih dan mempunyai kesempatan ini pun terus berlomba untuk memperebutkan gelar juara di kompetisi olahraga yang satu ini. Perlombaan ini sudah digelar sejal lama, yaitu sejak tahun 1903. Untuk kompetisinya bisa dilakukan hingga 21 hari lamanya dengan jarak yang sangat jauh yakni 3.500 km. tak hanya itu, jalur yang dilalui juga sangat menantang. Bahkan yang sangat menakutkan adalah salah satu jalur perlombaan melalui perbukitan dan pengunungan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: