Menu

+1 888 957 9521

Info@root66raceseries.com

46 Main Rd Westhampton

Massachusetts, USA

Monday - Friday 09:00 - 17:00

Sat: 10:00 - 12:00 Sunday Closed

lomba balap sepeda
0 Comments

Sejarah Terbentuknya Lomba Balapan Sepeda di Indonesia

Lomba bersepeda di indonesia junga memiliki cerita tersendiri untuk dikenang. Tapi sebelum ke pertama kali balapan sepeda dilakukan lebih baiknya mengetahui sejarah awal dari bagaiman sepeda bisa masuk ke negara Indonesia. Awal popularitas sepeda di Indonesia dimulai pada masa kolonial Belanda. Orang belanda membawa sepeda buatan Eropa sebagai alat transportasi di masa pendudukan mereka di Indonesia.

balapan sepedaPada masa itu rakyat jelata belum dapat menikmati sepeda, hanya para penguasa dan juga bangsawan yang dapat menikmati transportasi sepeda. Pada tahun 1960-an, seiring dengan perkembangan teknologi transportasi, kedudukan sepeda sebagai kendaraan kelas atas perlahan-lahan tergeser oleh popularitas motor dan mobil. Sedangkan sepeda buatan 1930-an sampai 1950-an segera menjadi barang lama yang mudah untuk ditinggalkan,

walapun ada juga orang yang mulai mengkoleksi sepeda di era ini. Sepeda kuno buatan Inggris antara lain seperti Humber Cross (1901), Raleigh (1939), Phillips (1956), Hercules (1922). Sedangkan sepeda buatan Belanda ialah Batavus (1920), Gazelle (1925), Valuas (1940), Master (1950), dan beberapa yang lainnya.Sepeda-sepeda kuno buatan Belanda (Dutch Bike) sering pula dijuluki sebagai sepeda onthel atau unta.

Bahkan kini pada abad ke-21, masih terdapat koleksi sepeda buatan awal abad ke-20 seperti merek Veeno yang dicari oleh pecinta sepeda.Selain onthel, kita juga mengenal sebutan sepeda jengki. Istilah “jengki” berasal dari kata “Yankee”, sebutan ini diperuntukan orang Amerika. Istilah ini muncul ketika orang Amerika pada tahun 1960-an dapat menginvasi Indocina.Pada waktu itu orang Amerika beserta produk-produknya membawakan ciri fisik, perilaku, pemikiran, dan tampilan baru kepada orang Asia.

Presiden Soekarno bahkan sempat melarang masuknya segala produk buatan barat. Akibatnya sepeda buatan Belanda dan Eropa Barat sempat tidak lagi dapat masuk ke Indonesia sehingga pasar sepeda diramaikan dengan sepeda buatan Tiongkok dengan bentuk dan proporsi baru seperti merek Butterfly, Phoenix, dan beberapa lainnya.

Setelah mengetahu sejarah sepeda langsung sekarang ke awal mula dari lomba sepeda didirikannya saat sebelum Perang Dunia II telah ada beberapa pebalap sepeda profesional Indonesia yang dibiayai oleh beberapa perusahaan seperti Mansonia, Triumph, Hima, dan lainnya.Kegiatan balap sepeda awalnya berada di Semarang.

Di kota itu sempat didirikan velodrome oleh arsitek Ooiman serta Van Leeuwen. Tetapi kegiatan ini terhenti pada masa penjajahan Jepang. Setelah masa proklamasi, balap sepeda kembali dilakukan lagi.Pada Pekan Olahraga Nasional ke-2 tahun 1951, balap sepeda telah menjadi cabang olahraga resmi yang diperlombakan. Beberapa daerah kemudian membentuk perkumpulan balap sepeda, dan akhirnya berdirilah ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pada tanggal 20 Mei 1956 di Semarang.

Mulai tahun 1980-an, popularitas sepeda di Indonesia mulai didominasi oleh sepeda modern misalnya sepeda gunung (mountain bike), sepeda perkotaan (commuting bike), sepeda anak juga belakangan terdapatsepeda lipat (folding bike).Dari sekian banyak jenis sepeda modern, sepeda gununglah yang paling diminati di Indonesia.

Sepeda yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1977 oleh Joe Breeze, Gary Fisher  dan timnya itu memang banyak digemari oleh masyarakat perkotaan di Indonesia.Selain itu sepeda BMX juga mulai diminati oleh para anak muda Indonesia. Karena sepeda BMX dapat digunakan untuk melakukan atraksi ekstrem yang menantang adrenalin.

Itulah sedikit sejarah tentang awal mula sepeda dan lomba balap di Indonesia, memang besepeda sekarang menjadi tren dikalangan anak muda sehingga lomba balap sepeda sampai sekarang masih ada. Dan sebagi warga negara yang baik menjaga dari hal tersebut merupakan kewajiban yang harus dilakukan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: